Info

Paket Tour Perjalanan Wisata

Paket Tour Perjalanan Wisata

Haji Umrah 2015, 2016, 2017


"Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah kalian karena Allah….".(Al-Baqarah: 196)

Perintah ibadah haji berbeda dengan perintah ibadah yang lain. "Sempurnakanlah!" Tidak sekedar perintah untuk menjalankan, tapi perintah untuk menyempurnakan. Sempurna pada seluruh manasiknya. Karenanya, haji merupakan ibadah yang komprehensif (mancakup ibadah harta dan fisik sekaligus) yang memiliki nilai dan keistimewaan tersendiri dibanding dengan ibadah mahdhah lainnya.

Keistimewaan ini paling tidak dilihat dari segi waktu dan tempat pelaksanaan yang tertentu, serta beberapa larangan tertentu sepanjang proses ibadah haji. Waktu pelaksanaanya adalah di bulan Dzulhijjah, tempatnya adalah di Mekkah dan beberapa larangan Allah sebutkan dalam surah al-Baqarah ayat 197:

"(Musim pelaksanaan) haji adalah pada bulan-bulan yang dimaklumi. Siapa yang menetapkan niatnya pada bulan itu untuk melaksanakan haji, maka tidak boleh rafats (berkata-kata yang berkonotasi seks), tidak berbuat fasiq dan berbantah-bantahan selama melaksanakan haji".

Perintah menyempurnakan ibadah haji memberi isyarat beratnya pelaksanaan manasik haji. Sehingga, secara mafhum mukhalafah, banyak yang belum atau tidak menyempurnakan seluruh manasik haji. Baru pada tahap melaksanakan atau menggugurkan kewajiban (bara'at adz-dzimmah). 

Karenanya, balasan surga bagi orang yang menjalankan ibadah haji adalah bagi yang berhasil menyempurnakannya, sehingga ia layak menyandang 'gelar' mabrur. Dalam hadisnya, Rasulullah SAW bersabda, "Haji yang mabrur tiada balasan lain melainkan surga." (HR Bukhari).

0 Response to "Haji Umrah 2015, 2016, 2017"

Fast Response: 0816-937-019
/* Hot Line*/